JADILAH PEMBACA CERDAS SEBELUM MENJADI PENULIS HANDAL




Edutech.madrasah. -  Google Meet. 

Secara online, hari Kamis 22 April 2021, Tim Edutech.madrasah melaksanakan kegiatan Webdinar dengan Tema Tekhnik Penulisan berita dengan menghadirkan narasumber Fajar Herlambang, S. E, M. M, dari Kanwil Jakarta secara Online via Google Meet.  Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dalam rangka PJJ Daring 1000 web blog madrasah dan pesantren yang dilaksanakan oleh Tim Edutech.madrasah.  

Tekhnik menulis berita merupakan materi yang disajikan dalam Webdinar kali ini oleh Tim Edutech.madrasah. Sesuai dengan jadwal yang disebarkan, kegiatan tersebut  dilaksanakan hari ini, kamis 22 April 2021 via Daring di Google Meet. 

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00 sd 11.00 WIB. Secara tekhnis, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar meskipun awal acara ada beberapa kendala. 

Dalam sambutannya, Ade Rohman mengatakan bahwa peserta kegiatan web blog 1000 ini sejak awal diikuti oleh 1500 lebih peserta, namun karena kapasitas hanya 1000 peserta, maka 1000 peserta yang terseleksi.  Peserta tersebut imbuhnya, terbagi menjadi 5 dalam grup WhatsApp. 

Berita merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan sebuah blog. Tanpa berita yang menarik, kemungkinan besar, blog tersebut jarang dilirik oleh banyak orang. Kenapa Harus Menulis …? Karena menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa –

suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana (Seno Gumira Ajidarma). 

Dalam paparannya, Fajar Herlambang sebagai penulis handal berita di Kanwil Jakarta memberikan banyak ilmunya. Menurutnya, untuk menjadi seorang penulis yang handal terlebih dahulu harus menjadi pembaca yang cerdas. Tanpa banyak membaca, mustahil seseorang dapat memperoleh banyak pengetahuan untuk ditorehkan dalam sebuah tulisan. Materi berita beliau sajikan secara komprehensif. Salah satunya yakni bagaimana menulis Berita.  Menurutnya, dalam menulis berita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain yakni : IMPARSIAL (Tidak Berpihak alias Berimbang), Akurat (Berdasarkan Fakta – check and recheck), pahami Nilai Berita (Mana Berita/Bukan, Mana yang untuk Diketahui Pembaca), dan Jangan Beropini (Berita Itu Fakta, Tidak Ada Opini). Selain itu, masih banyak materi yang beliau sampaikan. 

Ribuan peserta antausias mengikuti kegiatan ini. Mereka nampak serius dan tekun mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab. 


Farid Bani Adam. 


Guru di MTs Al Azhar Tuwel, Tegal, Jawa Tengah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil penulis

Bahan ajar bahasa indonesia